Kamis, 10 Januari 2013

LATAR BELAKANG LINGKUNG SENI SUNDA BINANGKIT



LINGKUNG SENI SUNDA BINANGKIT merupakan Lingkung atau Sanggar seni yang telah lama berdiri dan terus memberikan penyuluhan, pendidikan, pelatihan & pertunjukan Seni Tari, Seni Musik, Serta Seni Rupa Sunda / Tradisional Budaya Daerah Prop. Jawa Barat, Maupun Seni Daerah – daerah Luar Prop. Jawabarat Di seluruh Nusantara.

Setelah 5 Tahun berkibar dan merintis dengan nama SANGGAR SENI SEKAR LESTARI dengan jumlah anggota 178 Orang, hingga pada awal tahun 2013 kami para pengurus, Dewan Penasehat, Dewan Pembina, Orang tua Siswa, Siswa, Serta seluruh anggota sanggar sepakat untuk mengganti nama untuk melegalkan dan memajukan kepengurusan sanggar demi meningkatkan pelayanan kami terhadap peserta didik kami. Maka dengan ini kami mengganti nama “SANGGAR SENI SEKAR LESTARI” menjadi  “LINGKUNG SENI SUNDA BINANGKIT”.

Mengangkat nama BINANGKIT yang berarti BANGKIT, Kami memiliki Visi dan Misi untuk membangkitkan kesenian-kesenian SUNDA yang bernilai jual tinggi dan sangat dihargai baik ditingkat nasional maupun internasional yang menjadi daya tarik parawisatawan lokal maupun asing yang menjadi kekayaan dan memberikan  investasi tinggi bagi bangsa Indonesia yang sangat kaya akan keragaman dan budayanya.

Dalam rangka peresmian “LINGKUNG SENI SUNDA BINANGKIT” kami para pengurus akan mengadakan sebuah Pagelaran Seni serta Lomba – lomba yang akan diselenggarakan pada hari Minggu, tanggal 27 Januari 2013 untuk lebih memeriahkan acara Pendirian dan Peresmian “LINGKUNG SENI SUNDA BINANGKIT” yang mengangkat tema“ MUKA TUTUNGKUSAN BUDAYA SUNDA BINANGKIT “.

Kebudayaan nasional yang sangat beraneka macamnya merupakan Rahmat dan Karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, dan seni budaya tradisional (khususnya sunda) merupakan komponen yang tidak bisa terpisahkan dari budaya nasional yang kita miliki.
Kewajiban kita selaku warga negara dan generasi penerus hendaknya dapat memelihara dan mengembangkan budaya yang telah kita miliki ke arah yang lebih baik sehingga kedudukan budaya tradisional tidak lagi terpinggirkan dengan derasnya arus globalisasi dewasa ini.

“LINGKUNG SENI SUNDA BINANGKIT” melakukan kegiatan untuk menanamkan, memupuk dan membentuk anak  didik yang memiliki apresiasi terhadap seni dan budaya diantaranya seni budaya sunda agar dapat mengimbangi modernisasi yang terjadi saat ini, dengan demikian warisan budaya tetap eksis untuk generasi sekarang & yang akan datang.

Dengan kondisi sanggar yang terbatas upaya yang dilakukan terasa sulit untuk berkembang. Oleh karena itu perlu adanya partisipasi dari semua pihak untuk kelancaran pelaksanaan kegiatan sanggar yang melestarikan seni&budaya.

Untuk itu kami selaku pengurus yang merasa sangat peduli dengan seni budaya sunda yang menjadi jati diri rakyat Daerah Jawa Barat sangat mengharapkan bantuan dan dukungan dari para Pejabat Daerah, Tokoh Masyarakat, Para Pengusaha, Hotel & Resort serta seluruh Perusahaan yang berada di sekitar Kab. Cianjurb untuk membantu terlaksananya kegiatan ini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar